Kamis, 10 Oktober 2013

Pengenalan pada Manajemen Informasi


BAB I
PENDAHULUAN
          Pada makalah yang saya buat ini,saya akan membahas tentang Pengenalan pada Manajemen Informasi dan Sistem Informasi Berbasis Komputer.Untuk lebih jelasnya saya akan membahas apa definisi manajemen.Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menyelesaikan sutu pekerjaan,secara perorangan maupun secara kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.Sedangkan informasi adalah satu data yang telah diproses sehingga mempunyai nilai guna bagi masyarakat.Jadi,definisi manajemen informasi tersebut adalah sutu proses yang dilakukan oleh seorang atau secara bersamaan untuk menghasilkan suatu informasi yang berguna bagi masyarakat demi mencapai tujuan tertentu.Kemudian definisi dari system informasi adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan oleh suatu system yang terintegrasi yang bermaksud memberikan informasi secara intern ataupun informasi secara extern dan menjadikan manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan.  


BAB II
 TEORI DAN ANALISIS

      Informasi merupaka salah  satu bentuk sumber daya utama dalam suatu organisasi yang digunakan oleh manager untuk mengendalikan organisasi tersebut dalam mencapai suatu tujuan. Banyak akivitas manusia yang berhubungan dengan sistem informasi. Tidak hanya di negara-negara maju, di Indonesia pun sistem informasi telah banyak diterapkan di mana-mana seperti di kantor, pasar swalayan, di Bnadara, dan bahkan dirumah ketika menggunakan bercengkerama denga internet. Ada tida aktifitas dalam memproduksi kebutuhan informasi suatu oraganisasi, ayitu masukan(input), proses(processing), dan keluaran(output).      Sedangkan Manajemen Informasi sebagai sumber mempunyai pola yang sama, dimana tugas manajer pada Manajemen Informasi adalah sebagai berikut: - Beranggung jawab unutk mengumpulkan data mentah  dan memproses menjadi informasi yang berguna.- Menentukan orang dalam perusahaan supaya  dapat menerima informasi dengan bentuk tepat, sehingga      informasi dapat digunakan untuk mendukung proses manajemen.- Membuang informasi kuno,tidak lengkap dan salah serta mengganti denganinformasi yang dapat digunakan.- Mengusahakan informasi yang diterima adalah tepat untuk mendukung suatu manajemen
Kepentingan Manajemen InformasiKebutuhan manajemen informasi disebabkan oleh:1.perkembangan teknologi yang pesatKemapuan mencari informasi dalam hitungan detik menggunakan internet dan juga pabrik pabrik yang sudah menggunakan tenaga robot sebagai pengganti tenaga manusia.2. kecepatan pengambilan keputusan dalam memecahkan suatu masalahMisalnya: seorang manajer produksi makanan yang dapat melakukan analisis hasil produksi makannya melalui sebuah Personal Digital Assistan ketika melakukan penerbangan dari luar negri.Sistem : Susunan komponen yang saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai suatu tujuanDalam sebuah sistem : 

 1. Terdapat kelompok elemen, Sebuah sistem memiliki lebih dari satu elemen. 
Contoh: kacang kedelai menjadi tempe
2. Elemen terpadu Semua elemen dari suatu sistem harus mempunyai beberapa hubungan yang logis. Contoh: motor
3. Maksud bersama untuk mencapai tujuan Dirancang untuk mencapai satu tujuan atau lebih. Agar semua elemen bekerja untuk mencapai tujuan sistem dan bukan untuk masing elemen tersebut. Contoh: Pelayanan di suatu kantorKesimpulan didalam suatu perusahaan atau satu organisasi diperlukan manajemen informasi untuk memecahkan atau mencari  solusi agar suatu perusahaan tersebut mencapai suatu tujuan.Data dan Informasia. Data adalah fakta berupa angka,karakter,symboll,gambar,tanda-tanda ,isyarat,tulisan,suara, dan bunyi yang merepresentasikan keadaan sebenarnya yang selnajutnya digunakan sebgaai masukan suatu Sistem Infomasi.b.      Informasi adalah data hasil pengolahan Sistem Pengolahan yang bermanfaat bagi penggunanya.

4. Komputer sebagai Elemen dalam Sistem InformasiKomputer adalah elemen yang penting adlam sistem informasi untuk mengubah data yang sudah ada menjadi informasi bagi manajer dan pemakai informasi  yang lain. Unti yang paling penting adalah CPU (Central Processing Unit) yag mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.CPU mencakup satu unit penyimpanan yang disebut PRIMARY STORAGE, yang berisi data yang sedang di olah, yaitu suatu daftar intruksi yang mengolah data.

5. Evolusi Sistem Informasi Berbasis KomputerTahap-tahap dalm perkembangan terdiri dari :

Fokus Awal pada Data, Fokus Baru pada Informasi. Fokus baru pada Informasi, Fokus Revisi pada Pengambilan keputusan, dan Fokus sekarang ppada Komunikasi


6. Upaya Pencapain Sistem Inforamasi Berbasis Komputer Sistem informasi berbasis komputer berkembang melalui tahapan-tahapan, analaisis, karangan,penerapan, dan penggunaan. Tahapan-tahapan tersebut dinamakan siklus hidup sistem dan dapat dilakukan oleh pemakai sendiri atau bekerja sama dengan spesialais informasi.



BAB III
 Kesimpulan

             Informasi merupakan salah satu bentuk sumber dayay utama dalam suatu organisasi yang digunakan oleh manager untuk mengendalikan organisasi tsb dlaam mencapai suatu tujuan. Sehingga banyak yang perlu dengan adanya inforamsi apalagi sebuah perusahaan.



Refrensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar