E-Banking
Perbankan Elekronik
(bahasa Inggris: E-banking) E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet
banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya
melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.
Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa
internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007
Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi
Informasi Oleh Bank Umum.
Adapun persyaratan
bisnis dari internet banking antara lain :
2. Layanan dapat dijangkau dari mana saja
3. Murah
4. Dapat dipercaya
5. Dapat diandalkan (reliable).
Bank Indonesia sendiri lebih sering menggunakan istilah Teknologi
Sistem Informasi Perbankan untuk semua terapan teknologi informasi dan
komunikasi dalam layanan perbankan, atau lebih populer dengan istilah perbankan
elektronik (electronic banking).
Di Indonesia, internet banking telah diperkenalkan pada konsumen
perbankan sejak beberapa tahun lalu. Beberapa bank besar baik BUMN atau swasta
Indonesia yang menyediakan layanan tersebut antara lain BCA, Bank Mandiri, BNI,
BII, Lippo Bank, Permata Bank dan sebagainya. Internet banking telah memberikan
keuntungan kepada pihak bank antara lain:
· Business expansion
Dahulu sebuah bank harus memiliki sebuah kantor cabang untuk
beroperasi di tempat tertentu. Kemudian hal ini dipermudah dengan hanya
meletakkan mesin ATM sehingga dia dapat hadir di tempat tersebut. Kemudian ada
phone banking yang mulai menghilangkan batas fisik dimana nasabah dapat
menggunakan telepon untuk melakukan aktivitas perbankannya. Sekarang ada
internet banking yang lebih mempermudah lagi karena menghilangkan batas ruang
dan waktu.
· Customer loyality
Khususnya nasabah yang sering bergerak (mobile), akan merasa lebih
nyaman untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus membuka account di
bank yang berbeda-beda di berbagai tempat. Dia dapat menggunakan satu bank saja.
· Revenue and cost improvement
Biaya untuk memberikan layanan perbankan melalui Internet Banking
dapat lebih murah daripada membuka kantor cabang atau membuat mesin ATM.
· Competitive advantage
Bank yang memiliki internet banking akan memiliki keuntungan
dibandingkan dengan bank yang tidak memiliki internet banking. Dalam waktu
dekat, orang tidak ingin membuka account di bank yang tidak memiliki fasilitas
Internet Banking.
· New business model
Internet Banking memungkinan adanya bisnis model yang baru.
Layanan perbankan baru dapat diluncurkan melalui web dengan cepat.
Fasilitas E-Banking
jenis teknologinya diantaranya meliputi :
1. Anjungan Tunai Mandiri (Automated
Teller Machine)
2. Sistem Aplikasi Perbankan (Banking
Application System)
3. Sistem Penyelesaian Bruto Waktu-Nyata
(Real-Time Gross Settlement System)
4. Perbankan Daring (Internet Banking)
5. Sistem Kliring Elektronik
Prinsip Penerapan E-Banking
Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi
teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab
keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah
dan tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari
mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.
Aplikasi teknologi informasi dalam internet banking akan
meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktifitas sekaligus meningkatkan
pendapatan melalui sistem penjualan yang jauh lebih efektif daripada bank
konvensional. Tanpa adanya aplikasi teknologi informasi dalam internet banking,
maka internet banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri
perbankan. Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank
memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet,
memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data
pribadinya.
M-Banking
Mobile Banking adalah layanan bank yang dapat diakses langsung oleh
nasabah melalui telepon seluler atau handphone GSM (Global System For
Communication) dengan menggunakan menu yang sudah tersedia di SIM Card atau
handphone yang saat ini menggunakan media SMS (Short Message Service).
Keunggulan dan Kelemahan M-Banking
Keunggulan M-Banking adalah dapat di akses oleh semua pengguna
handphone dengan tipe GSM. Dengan luasnya jangkauan signal GSM, layanan
M-Banking tentu sangat memanjakan para nasabah.
Namun Fasilitas M-Banking memiliki beberapa kelemahan diantaranya
adalah akses untuk pengguna handphone CDMA, belum semua operator CDMA mempunyai
layanan M-Banking.
Perinsip Penerapan M-Banking
M-Banking memiliki pengertian yaitu sebuah fasilitas perbankan
melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang
hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.Dengan ada nya
M-Banking,pihak perbankan berusaha mempermudah akses para nasabahnya dalam
melakukan transaksi. Dengan adanya layanan M-Banking, nasabah bank-bank yang
telah memiliki layanan ana tentu saja tidak perlu pergi ke ATM atau kantor Bank
tersebut. Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas
M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms
manual) atau dikenal dengan istilah sms banking.
Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank
menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan
informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar